Saturday, May 21, 2011

COPAS

Sangat kami sadari bahwa didalam blog ini ada terdapat beberapa tulisan-tulisan "keras" yang menyinggung instansi ataupun personal yang kami klaim sebagai cemeti untuk kemajuan dan bahan introspeksi. Sangat kami sadari akan resiko dan konsekwensi yang bisa kami terima dari hal itu semua.

Pada judul posting archive blog, kami sengaja menegaskan bahwa posting-posting disini adalah kebanyakan hasil dari copy paste ! Dan itu kami klaim sebagai bukti bahwa kami bukanlah seorang penulis yang hebat. Kami hanya coba mengumpulkan beberapa posting yang kami anggap layak untuk diketahui atau setidaknya coba membuat "perpustakaan pribadi" untuk mempermudah siapapun dalam hal penambahan ilmu dan wawasan dan kemudahan mendapatkan fasilitas informasi.

Setelah kami cek, didapati banyak link di blog yang kami kelola ini ternyata telah rusak. Terlebih pada tanggal 17 September pagi kemarin pagi kami tidak dapat login pada blog ini hingga kami meminta bantuan teman kami untuk memberi solusinya. Dan ahirnya kami berkesimpulan bahwa blog ini sudah di hack oleh bloger bangsat.

Kenapa bangsat?
Yah karena memang bangsat. Kami sudah menegaskan bahwa artikel-artikel disini adalah hasil copas dan sekali lagi kami tegaskan bahwa sangat banyak blog copas yang sama sekali tidak pernah mencantumkan sumbernya sama sekali. Dan dari sana juga kami banyak mendapatkan artikel yang tidak tercantum sumbernya. Alangkah bancinya jika anda hanya berani mengklaim agar saya mencantumkan sumber artikel sementara anda sendiri hanya berstatus anonim sebagai komentator. Siapakah dan berapakah kerugian materi yang saya timbulkan akibat mencopas-copas artikel tanpa sumber? Bahkan ada pula lagi yang berkomentar...
"bro, kalau mencopas kasi sumbernya dong biar kreatif sedikit..."
"bro, kalau mencopas kasi sumbernya dong biar profesional..."

Apa sih arti kreatif itu?
Apa sih arti profesional itu?
Apakah anda tidak pernah membaca kamus?
Apakah saya harus menjelaskan dan mengajari anda bahwa kreatif itu artinya "bersifat kreasi, daya cipta. Trus yang anda baca ini apa?
Profesional itu pelaku profesi. Profesi sama dengan mencari makan. Apakah saya ada membuat iklan disini? Apakah menurut anda saya mencari makan dari sini?

Coba lihat bloger yang menyebar-nyebarkan lagu mp3 yang sangat jelas merugikan hak cipta hingga merugikan pajak negara. Bahkan pada blog tersebut dia banyak menaburkan iklan gila-gilaan dengan menggunakan scrip tertentu agar kita wajib klik iklannya. Kenapa bukan itu yang anda tegur? Jujurlah... Bahwa aslinya anda hanya seorang narsis. Pengen terkenal sebagai orang yang pintar dan ingin mendapat pujian. Iya kan...? Ataukah anda kepingin mendapat ranking dari alexa? Untuk apa tuh alexa? Iya, saya maklum. Saya juga bloger kok. Dulu saya juga mendewakan alexa. Tapi jangan begitu dong caranya. Apa susahnya memberi komentar dengan bijak. Dan anda akan kami anggap sebagai sahabat.

Trus apakah menurut anda saya hanya maling teriak maling?
Coba saya tanya, apakah anda pernah melihat saya blogwalking? Yang cuma berbasa basi kesana kesini demi trafic kunjungan balik? Asal anda tahu, bahkan dibeberapa postingan saya pun saya sering mengusir pengunjung secara tegas. Coba lihat tulisan ini, bukankah ini akan berakibat para pengunjung disini akan membenci blog ini? Tapi tetap saja saya tidak perduli. Saya tidak butuh pengunjung bila anda kurang ajar. Anda ramah, akan saya ladeni. Kalau anda kurang ajar, yah saya usir. Walau cuma bisa dengan cara menulis artikel yang seperti ini.

Kalau anda mengatakan saya cuma pandai berkreasi dari hasil membajak, itu soal lain bung. Memangnya enak mencari-cari artikel yang layak? Coba lihat sendiri dilintas berita. Alangkah banyaknya bloger penipu yang membuat judul yang gak nyambung dari isi kontennya demi pengunjung yang banyak walau dari hasil menipu. Judulnya : "Olga Sahputra punya duit 800 triliun". Eh taunya cuma hoax. Kan membuat orang-orang rugi waktu tuh.

Basi lho kalau ngomong hak cipta. Gak usah sok idealis. Memangnya anda pernah mengurus lisensi nya? Hak patennya? Jangan-jangan apa itu npwp pun anda tidak tahu. Jangan-jangan memakai windows dan software bajakan. Jangan-jangan lagu dikomputer anda juga dapat dari download gratis ya?
Nah kalau begitu kita sama. Sama-sama merugikan negara yang seharusnya dapat masukan dari cukai CD Original yang seharusnya kita beli. Jadi gak usah ngomong hak cipta.

Kalau anda menilai bahwa saya membuat para penulis menjadi malas, itu soal lain bung. Kenapa tidak menerbitkan buku kalau memang mau mencari nafkah. Kenapa harus ngeblog kalau bukan bermaksud sharing. Bukankah blog bertujuan untuk sharing? Salah alamat kalau anda mau mencari ketenaran dengan cara ngeblog.

Sana lapor ke menkumham atau ke menkominfo kalau anda tidak puas dengan pernyataan saya ini. Biar jelas bahwa anda memang bernyali dan berniat memberi pelajaran agar blog-blog copas harus dihapuskan di space bar Indonesia raya ini. Jangan cuma main-main hack atau ngerusak link-link orang dong. Kaya banci aja !!

Huff dasar bloger bangsat...

No comments:

Post a Comment